Tips Agar Lancar & Sukses Saat Interview Kerja Online

Bagi sobat #karirmedia yang mungkin saat in sedang mencari pekerjaan, Pasti tidak asing dengan interview online. Di masa pandemi saat ini, terjadi perubahan terutama pada sektor lapangan kerja. Perubahaan ini mendorongan perusahaan untuk menerapkan wawancara online atau interview online saat perekrutan karywawan.

Interview online dianggap perusahaan lebih praktis dan memudahkan pelamar diluar kota untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan pelamar yang lokasinya dekat.

Meski interviewnya secara online, bukan berarti kamu bisa menyepelekan. Kamu harus tetap profesional saat seleksi interview online dan mempersiapakan diri dengan baik. Kamu bisa mencoba beberapa tips #karirmedia agar interview berjalan dengan lancar!

Tips Sukses Interview Kerja Online

1. Mempersiapkan diri 10 menit sebelum interview online dimulai

Kamu bisa mempersiapkan diri 10 menit sebelum interview dimulai dari segi teknis maupun penampilan. Dengan mempersiapkan diri, recruiter melihat bahwa kamu sungguh – sungguh dalam  interview.

2. Pilih tempat yang tepat dan internet yang baik

Carilah tempat yang efektif seperti suasana yang tenang dan rapi. Hindari temat yang ramai agar konsentrasi dan perhatianmu tidak terganggu. Pastikan juga mencari tempat duduk yang pencahayaan terlihat bagus di kamera juga.

Selain itu kamu juga harus memastikan koneksi internet stabil supaya interview online berjalan dengan lancar.

3. Pahami profil perusahaan

Sebelum memulai interview sebaiknya kamu sudah mengetahui sekilas tentang profil perusahaan yang kamu lamar. Kamu bisa mengetahuinya dengan mencari situs resmi perusahaan melalui google.

Kamu bisa membaca profil dan mengecek ulasan perusahaan tersebut. Dengan itu kamu sudah memiliki pengetahuan apabila ada pertanyaan tambahan sekilas tentang perusahaan.

4. Menjawab dengan peracaya diri

Jangan memalingkan pandanganmu dari kamera ketika wawancara online. Pastikan kamu menjawab pertanyaan dengan percaya diri. Karena setiap pertanyaan dapat membuang kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu bisa menjawab seperti ketika berbicara dengan teman sendiri (tetapi jangan lupa sopan). Usahakan relax dan tidak panik apabila membuat kesalahaan

Sekarang sobat #karirmedia sudah mengetahui beberapa Tips Sukses Interview Online yang mungkin bisa kalian terapkan ketika interview online. Semoga artikel ini bisa membatu sobat #karirmedia untuk mendapatkan perkerjaan yang baik , Apabila ada pertanyaan atau ada yang ingin disampaikan bisa ketik di kolom komentar ya.